25 November 2009

resep cantik ala ibuku



Kebiasaan2 baik yang kita tanamkan terhadap anak2 kita semenjak dini memberi pengaruh yang cukup besar dalam pembentukan behavior atau sikap laku mereka dimasa yang akan datang. Masih melekat dalam ingatanku bagaimana orang tuaku dulu selalu menekankan, "kalo makan/minum ngga boleh berdiri, kalo ngambil lauk di meja makan ambil yang paling dekat dulu, dll". Setelah beranjak besar dan belajar ilmu agama, aku baru tahu bahwa aturan2 yang berlaku itu adalah kebiasaan2 baik Rasul yang tersirat dalam hadist2nya.

Bahkan ada aturan2 yang mungkin terdengar agak dibuat-buat..."anak perempuan kalo nyapu rumah harus bersih, biar suaminya ngga brewokan (berjenggot dan bercambang), ngga boleh duduk di tengah2 pintu, malam2 ngga boleh jahit baju atau gunting kuku".. dan masih banyak lagi hal2 lain yang sering disebut nenek/ibuku sebagai sesuatu yang diluar kebiasaan, jadi ngga baik kalo dilakukan..orang Jawa bilang "gak ilok" atau "pamali" dalam bahasa Sunda. Pembiasaan2 ini masih berlaku hingga saat ini, terutama di kampung2, dan merupakan jurus yang cukup handal untuk metode penanaman adab keseharian. Seringkali hal seperti ini dianggap sebagai mitos karena alasan2 yang diberikan terkesan kurang masuk akal. Anak2 sekarang lebih menuntut logika untuk semua aturan2 yang kita berlakukan terhadap mereka.

Yach...terlepas dari itu sebuah mitos atau tidak, itu adalah cara orang tua kita untuk menanamkan kebiasaan2 baik terhadap anaknya. Lucu juga kadang kalo mengingat ibuku pernah bilang, "kalo mau hidung mancung, sebelum tidur tarik2 hidung ke depan sambil baca subhanallah..semakin banyak dibaca semakin mancung nanti hidungnya...trus kalo mau bulu mata lentik ya tinggal baca alhamdulillah sambil kita balik2 bulu mata kita sesering mungkin, mau jadi cantik ngga?" Alhasil, aku bener2 melakukan kebiasaan itu setiap hari, ratusan bahkan mungkin ribuan kali saking penginnya jadi cantik...:)

35 comments:

  1. bener banget tuh,dulu aku juga sering narik hidung biar mancung, hasilnya gak bangir2 juga wkwkwwk, btw apapun itu memang mempunyai maksud tersirat yang sangat bermanfaat :) Tq 4 share :)

    ReplyDelete
  2. hehe ... pengalamannya sammmmaaa!! Ortu kita dulu memang banyak "pamali"nya. Sekarang baru tahu ternyata semua itu ada contohnya : ya ajaran Rasulullah saw itu. meskipun pelarangannya itu yang lucu pake istilah pamali.

    Soal cantik, sekarang terlihat kok hasilnya hihi...

    ReplyDelete
  3. Terkesima. Membaca mitos-mitos yang baru pertama kali saya tahu.

    ReplyDelete
  4. Iya, Ibu memang sumber inspirasi tentang apa aja... Tiap minggu (dulu) saya dipaksa bangun pagi dan sengaja ngoles2in rambut saya pake lidah buaya, biar tebal hitam, padahal mata saya belum dibuka..

    Ah, Ibu.. memang luar biasa. :)
    jadi rindu.. (T.T)

    ReplyDelete
  5. Bener mbak ,aku juga dulu gitu sama ortuku ,banyak banget pantangan ,yg paling ingat sampai sekarang yg selalu ditekankan ortu ,yaitu : jng makan buah asem2 nanti orangtuanya mati muda ,( bingung ga ? ) apa pengaruhnya ya ,mungkin khawatir sakit perut kali yg dimaksud perut hehehe...

    ReplyDelete
  6. Resep cantik ibunya sepertinya manjur tuch. Hasilnya, anaknya anaknya bener-bener cantik meski telah menghadiahinya cucu juga. hehe.
    Eh bu, memang di Riau ada jg kata ga ilok?! hehe.

    ReplyDelete
  7. @aulawi: wah, sama dunk! padahal cakep itu kan bukan selalu identik sama hidung bangir juga, it's rather about one package!hehe..thanks yaa..
    @annie: iya teh, ini pamali..itu pamali...kalo anak2 sekarang mana mau digituin?hehe, tapi subhanallah 'kan hikmahnya? makasih juga udah berbagi teteh geulis..:) eits, asyik dapet kado juga, nanti kuambil yach..haturnuhun pisan..
    @eka: ohya? pasti kamu rombongan anak muda jaman sekarang nich, yg ga kenal istilah pamali,hihi...thanks dear..
    @gek: hmmh..lagi ngebayangin, pasti gek rambutnya cantik banget yak? miss your mother? me too...:(
    @ateh: waks, yang ini aku baru denger mbak..hehe, now we know..how deep their love is :) thanks mbak cantik..

    ReplyDelete
  8. @yans': wallahh...dibilang cantik, amin.., btw diriku kan hanya merantau disini yan..aslinya, jowo aslii...hehe

    ReplyDelete
  9. namanya anak gadis pasti deh diperhatiin banget sama ortu iya kan bu apalagi masalah kecantikannya

    ReplyDelete
  10. @munir: iya bang..sebenarnya ibu saya pengin mengajarkan saya untuk banyak2 berdzikir sebelum tidur..tapi saya malah kebalik niatnya, berdzikir untuk jadi cantik,hehe, namanya juga masih anak2 waktu itu..:D

    ReplyDelete
  11. he...he...memang ya orang tua dulu pake kiasan ya kalo mo melarang...misalnya jangan duduk di bantal ntar pantat bisulan lho...hubungannya dari mana kok bisa bisulan...eh setelah gedhe baru nyadar...makna dibalik itu semua....

    ReplyDelete
  12. Aturan2 itu memang terkadang terasa mengada-ngada namun bila kita tahu alasannya barulah kita tahu maknanya...saya pernah tanya bang Pendi " kenapa ngga boleh duduk di tengah2 pintu ?" jawabannya : " halangin jalan gua tauuuuu..!!" he..he

    ReplyDelete
  13. ooooo, pantes idungnya mancung, bulu matanya lentik :D *plak*

    ReplyDelete
  14. @fajar: iya, yang itu juga sering ibuku bilang...:D thanks ya
    @noor: haha, ada2 aja kamu! salam buat bang pendi ya :)

    ReplyDelete
  15. @sibaho: nyindiiir...nich! hidung mancung, bulu mata lentik kalo diliat dari monas,hehe..

    ReplyDelete
  16. Kecantikan yang alami selalu didambakan lelaki sejati.... cie..cie... hehhe...
    patut dilestarikan tu... ala lagi resep kecantikan dari zaman dulu.. yg alami banget katanya.. siip deh....
    btw.. tampilan blog ini pasti kena sentuhan resep alami itu.. ijo.ijo.. jado adem.. :D

    ReplyDelete
  17. @hibah: siiip! thanks...i'm so green now...:D

    ReplyDelete
  18. Resepnya oke juga... pengen juga dipraktekkin ke Shasa ah... *sambil lihat hasil nyata dari resep cantik dari ibunya*

    ReplyDelete
  19. Wohoo..kalau mau bilang subhanallah harus ikhlas karena Tuhan, bukan karena kepingin hidungnya mancung. Kalau tujuannya cuma untuk membela keelokan diri sendiri bukan buat memuja Tuhan, itu namanya syirik, weitjee..

    ReplyDelete
  20. Thanks ya Udah follow.. Tapi alangkah baiknya kita tukaran link aja mbak.. Letak link aja di Lovely friend nya neng.. ntar konfirmasi ke saya kalau udh Neng psng...

    Thanks

    ReplyDelete
  21. hehe. kayak pinokio ntar bu... saya lagi ngikutin topik tentang itu bu, hmm.. kayakna antara do'a dan sugesti kalau digabungkan bisa menghasilkan sesuai yang diinginkan nih tentu dengan tekun..heh. salam kenal.

    ReplyDelete
  22. @reni: bener mbak, hal2 baik yg kita dapat dr ortu kita perlu kita wariskan utk anak2, pesan yg tersirat adalah mengajari anak2 untuk senang berdzikir mbak..btw, sasha kan udah cantik kayak mamanya..:)
    @vicky: waduhh, kok jadi syirik? naudzubillah!! try to get the whole meaning behind those words..!
    @laksamana: siaaapp...kang!
    @masichang: antara do'a dan sugesti? I think so, tp yg penting niat ikhlas dulu mas, tanpa kata2 pun Allah tahu kok apa yang ada di hati kita :) salam kenal juga, thanks yaa

    ReplyDelete
  23. saia udah folloow...thanks yah atas supportnya........

    ReplyDelete
  24. hahaha,, iya say.. bener kaya bunda juga gt...
    tp jujur say.. piet suka tuhh sama cowo yg brewokan...hahaha
    berjamabang hahaha

    tp bukan berarti piet jorok.. suka aja
    hahahaha
    emng piet suka yg berbau middle eastern hohoho
    Astagfirullah hehehe ^_*

    ReplyDelete
  25. Pantesan mbaknya cantik... ibunya punya resep jitu sih...

    ReplyDelete
  26. banyak orangtua yang begitu, ya turun temurun sih dari nenekmoyang, melarang tanpa memberi alasan yang jelas,tapi ada juga yang dijelaskan. ambil baiknya aja deh, selama ga keluar dari batas2 kewajaran..

    ReplyDelete
  27. @piet: tahu dech...yg suka ama kambing guling...waks! ga nyambung yach, hehe
    @seti@wan: hallah...ga juga bang, cantik karena perempuan...:p
    @sigit: insyaAllah niat orang tua selalu tulus, semua larangan adalah demi kebaikan kita semata :)

    ReplyDelete
  28. Ngga ada salahnya kok mbak Mencoba tips yang bermanfaat, jangan pikir itu mitos atau fakta
    tapi semuanya demi baiknya aja..

    ReplyDelete
  29. Jalan2 numpang baca ...

    Selamat hari raya idul adha
    Posting yang sangat bagus, memang anak2 sekarang dah pada gak ngerti thd petuah-petuah orang tua2 kita zaman dulu, padahal sebenarnya petuah itu derajatnya lebih tinggi dari ilmu ...

    Oke, met berkarya terus ...

    ReplyDelete
  30. @itik: iya say...setuju atuuh :)
    @abang: makasih bang..mohong maaf lahir bathin juga yach..met idul adha, thanks for nice supports :)

    ReplyDelete
  31. sebenarnya saya mau komentar di sini sejak tadi malem...tapi karena blog saya keburu rusak jadi ya terpaksa sore gini baru post lagi..ah gapapa deh.....oh ya...saya jadi inget ma masa kecil dulu.....sekarang petuah seperti itu tidak saya dapatkan lgi...pergi entah kemana....

    ReplyDelete
  32. hahaha..!
    pak guru saya dulu malah berbeda.. ketika saya hapus papan : yang bersih! nanti istrimu brewokan... hahaa!

    ReplyDelete
  33. @aditya: hehe, gpp adit...yang penting kamu tahu dan bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk buat kamu...semangat ya!
    @secangkir: waks! emang ada?hehe..

    ReplyDelete

Thanks dear...happy shopping and sharing :)