07 November 2009

la tahzan

Hari itu, aku diajak berburu buku di Gramedia sama saudaraku, "ayoo cepetaann...diskon nich 30%, Anniversary sale"!! katanya promosi. "Huuh...tumben-tumbenan Gramed "baik hati" kasih diskon sebanyak itu"...hihi! Nyampe sana pembeli udah berjubel...wuiihh, ramenyaa..!! Ini karena memang masyarakat kita udah sadar tentang pentingnya membaca atau heboh karena diskonnya?! (secara, di Gramedia kan bukan cuma buku yang dijual..!) kalo lagi penuh gini rasanya pengin cepet2 aja dapet buku, bayar dikasir trus kabur dech!! Padahal biasanya, aku melalui ritual nongkrong2 dulu baca buku2 yang kusuka, nahh yang belum sempet kebaca..baru dech dibeli, malah kadang2 ga jadi beli karena udah kebaca disitu semua! waks, buka kartu tanpa malu2!! grrghhh...! tapi sekarang?? boro-boroo...ramenya dah kayak mau upacara 17-an!
Mmh...beli buku apa ya? (*sambil celingak-celinguk ) lagi sok serius baca judul buku yang berderet didepanku, tiba2 mataku tertumpu pada dua buku yang berjajar berdampingan dengan judul yang sama "la tahzan"!! tadinya kirain buku yang sama, ternyata beda, yang satu "la tahzan for brokenhearted muslimah" dan satu lagi, "la tahzan for mothers" by Asma Nadia, dkk. Wah, penulis yang satu ini memang udah sekian lama membuatku jatuh cinta lewat keajaiban kata2nya yang selalu enak dibaca. Renyah dan selalu menggigit alias crispy and catchy...dah kayak kriuk aja! Selain itu, tentu saja karena judulnya yang membuatku terkesima, "la tahzan" yang berarti "jangan bersedih". Entah karena kebetulan, akhir2 ini aku memang lagi agak bersedih...walaupun ga sampai "ngenes" sich...!
Tapi, sedihku bukan untukku, sedihku untuk sahabatku "seorang muslimah yang lagi patah hati" (baca: brokenhearted muslimah).
Tuch, persis kan sama judul bukunya..! Karena hanya akulah yang jadi tempat curhatnya (untuk saat ini, karena aku mengenalnya dan mengenal pria itu), tempat dia membuang air mata yang hampir mengering karena kekasih hatinya meninggalkannya sendiri tanpa kata dan alasan yang jelas. Kekasih yang dipujanya disetiap ujung malam, yang memberinya harapan tentang keindahan rembulan, kini akan segera pergi dari ruang hatinya. "Ah, betapa cepat waktu berlalu, kenapa begitu singkat dia hadir dalam kehidupanku ya mba? apa salahku sich?" kalimat itu mengalir seiring air mata yang tercurah diatas pipinya. "Udahlah ga usah terlalu dipikirin, percaya dech...Allah tahu kok apa yang terbaik buat kamu, aku yakin dia juga ga berniat begitu, pasti ada alasan yang membuat dia mengambil keputusan ini, legowo ajaa...dunia ga selebar daun kelor lagee..let's get up baby! kalo perlu kamu lari aja puter2 halaman buat ngelampiasin sedihmu...mumpung lagi ujan nich, biar kayak film India skalian..."!, aku berusaha untuk menghibur sebisaku. Dan dalam rangka moment itulah aku memilih buku "la tahzan for brokenhearted muslimah"...harapanku, semoga buku itu dapat membantunya kembali ceria seperti saat aku mengenal dia untuk pertama kalinya disini, di blog ini. "Life is still far away to enjoy dear..."




Buku yang kedua, "la tahzan for mothers" aku pilih untukku..seorang ibu yang terkadang juga punya rasa sedih...saat merasakan sebuah kehilangan, saat harus memilih yang bukan menjadi pilihan, saat harus berjuang dengan kesabaran, saat melihat anak2 sakit, saat suami terlambat gajian, saat ngeliat tumpukan cucian n setrikaan...(*bilang aja males yak?)...so aku berharap, buku ini dapat memberi motivasi dan semangat buatku, untuk tetap happy menjadi ibu dari anak2ku yang lumayan ampyuuun...kalo lagi cari perhatianku. "Jangan bersedih ibu...surga ada di telapak kakimu"

17 comments:

  1. Review mantap sobat. Buku ini saya beli 2 tahun yang lalu. Setuju la tahzan....., tidak ada alasan untuk bersedih. Jadi Jangan bersedih.

    ReplyDelete
  2. @newsoul: Iya mbak, sayangnya aku baru menemukannya...hiks, keliatan dech yang ga begitu doyan baca, hehe...

    ReplyDelete
  3. kekasih itu maksudna pacaran gitu? kl iy pacaran n kl aq jadi Zahra, aq kasih buku La Pacaran (jgn pacaran),
    mendingan taarufan aja cariin ikhwan yg ready for married, ^_^

    ReplyDelete
  4. haaaaaaaaa aku mborong buku forex
    30% mpe tgl 8 nov

    nb : link zahra tlah terpajang di bertuah link

    ReplyDelete
  5. Wah, tak kirain buku Laa Takhzan karya A'idh al-Qarny. ternyata karya-karya penulis Indonesia ya? hehe...

    gak ada yang perlu disusahkan kok. Apalagi dibuat bersedih-sedih. Udah gk jaman kalee. Hihi..
    Semoga putra-putri Mbak-e menjadi manusia yang taat dan soleh. Amin...

    ReplyDelete
  6. Hi... Salam kenal (online) kemarin kan udah yang offline (kopdar) hehehe
    BTW sedih itu kan manusiawi, Buk.. Jadi setiap kita pasti pernah bersedih. Cuma ada yang berlarut-larut, ada yang cepat kembali ceria.
    Semoga cepet sembuh untuk temannya ya... Sembuh dari kesedihan maksudnya.

    ReplyDelete
  7. Sungguh sebuah kehormatan, dipercaya jadi tempat curhat! Tidak gampang lho jadi tempat curhat. Soalnya tidak selalu orang curhat itu membutuhkan nasihat atau solusi. Eh ..BTW ..Whienda mo curhat juga nih...Whienda lagi sedih nih ... belum jatuh cinta tapi sudah patah hati. Di buku yang Mbak beli itu, ada solusinya, Mbak?

    ReplyDelete
  8. wekekeke, aku ketawa baca komennya whiendra...luguuuu sekaleee!!

    ReplyDelete
  9. Di dalam keheningan
    Aku sempat menggumam
    Melepas semua keraguan
    Mengajak bincang angin lalu
    Semua resah tak pernah berakhir
    Cinta...
    Mengapa seperti ini
    Menjadikan aku dalam bahasa tubuh yang kaku
    Tak ada alasan lagi
    Untuk melihatmu
    Karena semua sudah berlalu
    Meninggalkan bekas hitam
    Yang tak akan pernah aku lupakan
    namun,
    La Tahzan muslimah...!!
    ku ingin kau tetap tersenyum
    meski cinta bukan lagi milikmu.

    ReplyDelete
  10. Yah..kesedihan sudah bagian dari emosi manusia sis.Moga temannya segera sembuh dari kesedihan.Menjalani hidup baru dengan penuh semangat.Pasti dapat penggantinya suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  11. Buku yg membangkitkan semangat...
    La Tahzan yg kubaca, karangan DR. Aidh Al-Qarni...membuatku makin semangat cari kerja pada saat aku msh nganggur...

    ReplyDelete
  12. waaa...
    aku menunggu di bandung disk 30% yg katanyaaa akhir bln ini akan diserbu hehee...

    ReplyDelete
  13. aq punya yang la tahzan: jangan bersedih.
    bagus banget emang..penuh kata2 yg menginsyafkan

    Kirim salam bwat sobatmu yg lagi patah hati..kasi tau dia..bumi Allah luas...janganlah bersedih...la tahzan...

    ReplyDelete
  14. @rachmat: hihi, beres bro! kayak lagunya wali ajah :)
    @attayaya: waks, lain kali bisa jadi gramed mikir2 tuch kasih diskon buat abang..hehe, thanks banget udah berkenan memajangku disana :) salam hangat selalu...
    @bahauddin: versi yang pertama muncul dan menjadi best seller memang la tahzan yang ditulis oleh Dr.Aidh al-Qarni :) makasih untuk do'a yang tulus...amin, itu adalah harapan semua ortu untuk anak2nya :) keep happy ya!
    @bangfiko: siiippp!hehe...thanks utk support nya pasti dia juga udah baca pesanmu disini :) take care ya...
    @whienda: ah ada2 aja kamu..hehe, itu namanya bertepuk sebelah tangan whin, mana bisa? kalo bertepuk pake dua tangan donk...hihi, ups, jangan diambil hati yaa, just kidding kok! itu alami, nyantai aja dg rasa dihatimu itu...siapa tahu dia benar2 jodohmu, cuma belum ketemu aja moment nya..ok? la tahzan dong...
    @trimatra: huhuu...puisinya bikin aku tambah "huzn" alias sedih...
    @aisha: yach...there is always tomorrow, right?? thanks for nice supports :)
    @witha: semangat with...hehe, keep on that dear :)
    @tehlinda: huuu..miss uu...lama ga mampir teh, kemana aja? wah, teh pasti ga ketinggalan dong..secara dirimu doyan banget baca, hehe, met borong ya teh :)
    @elly: iya mbak, makasih untuk semangatnya..masih banyak yang harus kita lakukan selain bersedih dan menyesali apa yang telah terjadi...:)
    @all: thanks udah mampir n berkenan kasih komen disini...all of u are really great...n always wonderful :) thanks....

    ReplyDelete
  15. La tahzan... buku itu memang penuh dengan kata kata yang meningkatkan kesadaraan kita. Jika kita renungkan lagi, memang tak ada yang mestinya kita sedihkan ya. Namun mungkin rasa sedih itu sudah manjdi bagian dari tabiat kita. Paling tidak, jangan bersedih yang berlarut-larut.

    Salam kenal juga ya...

    ReplyDelete
  16. aku sih udah punya la tahzan, tapi yng pertama banget mbak...baru tahu ternyata ada la tahzan for mother, muslimah, etc... ooo ternyata ada too

    ReplyDelete

Thanks dear...happy shopping and sharing :)